Mengapa jalan tikungan dibuat miring kedalam? mengapa tak datar saja! ini jawabanya, kemiringan tersebut dalam ilmu teknik sipil dinamakan sbg superelevasi yg berfungsi utk melawan gaya sentrifugal supaya kendaraan terus dapat berjalan normal tanpa terpental. makin besar kemiringanya maka makin besar nilai koefisien berat kendaraan yg didapat. adapun pengertian superlevasi & sentrifugal yakni Superlevasi pada tikungan jalan yaitu segi kemiringan yg dibuat dgn tujuan utk melawan gaya sentrifugal kendaraan. Gaya sentrifugal terhadap tikungan jalan yakni gaya yg mendorong kendaraan kearah luar jalan,
utk itu tikungan jalanya butuh diberikan superlevasi, dibuat miring maka kendaraan yg melintas mendapat bantuan dalam melawan gaya serntrifugal maka tak terpental ke luar jalur, atau bahasa sederhananya biar tak berlangsung kecelakaan lalu lintas.
Faktor-faktor yg mempengaruhi perencanaan superelevasi besar nya curah hujan disuatu wilayah di mana jalan berada. cuacanya gimana? medan jalan, perbukitan dibuat lebih rendah superelevasinya dibanding wilayah datar. dalam kota atau luar kota, luar kota superelevasinya dibuat lebih besar dibanding lokasi dalam kota. tipe kendaraan yg melintas di jalan tersebut.
Jadi kini kita lebih tahu bahwa jalan di tikungan itu memang lah sengaja dibuat miring demi kenyamanan, kelancaran juga keamanan dalam berlalu lintas, maksudnya supaya kendaraan tak terpental atau ke luar jalur jalan disaat menikung. Walaupun jalan tikunganya telah di desain miring biar aman, bukan berarti kita tak butuh berhati-hati disaat melintasi tikungan, lihat sudut tikunganya & seberapa besar kemiringanya maka kita dapat memperkirakan di jalur mana yg paling baik & seberapa besar kecepatan mengemudi yg paling aman, hati-hatilah mengemudi supaya selamat, sebab bakal membuat repot jika celaka, rumah sakitnya jauh & biayanya mahal juga.
No comments:
Post a Comment