Sunday, June 5, 2016

Aburtment Jembatan

1. Pangkal jembatan / abutment + pondasi 

2. Pilar / pier + PondasiBangunan bawah pada kebanyakan terletak di sebelah bawah bangunan atas. Fungsinyauntuk menerima beban-beban yg diberikan bengunan atas & kemudianmenyalurkan kepondasi, beban tersebut setelah itu disalurkan ke tanah oleh pondasi. Bagian-bagian Konstruksi Jembatan 

Abutment merupakan bangunan bawah jembatan yg terletak terhadap ke-2 ujung pilar –pilar jembatan, berfungsi sbg pemikul seluruhnya beban hidup (Angin, kendaraan,dll) & mati (beban gelagar, dll) terhadap jembatan. End Dekameter = Akhir jembatan Top of Roadway = Jalan Bearing Seat = Pengunci Battered pile = Tumpuan / Penyangga Pile = Penyangga

Bagian Pada Aburtment Jembatan

Elastomer Bearing Pads / BantalanSet komplit tumpuan elastomeric buat jembatan antara lain sbb : 

1. Elastomeric bearing mutlak(menahan displacement vertikal; sedikit displacement horisontal & kapabilitas rotasi-sesuai design) 

2. Lateral stopper (menahan displacement horisontal berlebih dan mengunci posisi lateral jembatan) 

3. Seismic buffer (menahan displacement horisontal berlebih arah memanjang jembatan) 

4. Anchor bolt (menahan uplift yg kemungkinan terjadi kepada salah satu tumpuan pada waktu gempa)Bahan elastomeric bearing sendiri terbuat dari karet yg umumnya telah dicampurdengan neoprene (aditif yg memperbaiki sifat karet alam murni) & didalamnyadiselipkan berlapis2 pelat baja dgn ketebalan & jarak tertentu utk memperkuatsifat tegarnya.Rata Rata tumpuan karet tersebut dipasang sesudah pengecoran slab beton utk lantaiselesai (sesudah beton kering), guna menghindari translasi & rotasi awal yg timbulakibat deformasi struktur jembatan oleh beban mati penambahan.Sebab sifat karet yg lebih rentan pada panas & fluktuasi cuaca, biasanyadalam kurun ketika tertentu tumpuan2 ini dicek oleh pemilik & jika butuh di replacedengan unit yg baru.Utk jembatan baja dgn bentang lebih dari 60 meter kebanyakan type ini sudahjarang dipakai dikarenakan keterbatasannya.

No comments: