Thursday, March 31, 2016

Alat Ukur dan Sistem Pendukung

Alat Ukur dan Sistem Pendukung


www.civildoqument.com - System pendukung keputusan (Inggris : decision support systems disingkat DSS) merupakan bagian dari system info berbasis computer (termasuk juga system berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan)) yg digunakan utk memberi dukungan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi atau perusahaan.(id.wikipedia.com) Pekerjaan rangka atap baja ringan merupakan pekerjaan kolektif yakni tugas yg melibatkan tidak sedikit pihak pun tahapan-tahapan yg memungkinkan seluruh pihak terlibat didalamnya. Pertanyaanya ialah apakah pekerjaan rangka atap membutuhkan sistem pendukung? Mengingat pekerjaan atap yg kolektif sehingga sistem pendukung ini teramat dibutuhkan.

Tahapan umum yg biasa dilaksanakan ialah sbg berikut : tawaran, pradesain, pengukuran lapangan, final design & eksekusi lapangan. Idealnya aliran dari owner/kontraktor lalu marketing, design, lalu supervisor & mandor lapangan sampai kembali lagi ke owner/kontraktor juga sebagai penerima hasil/ pengguna itu terjadi tidak dengan masalah. Tetapi adakalanya tugas itu tak sempurna dalam arti senantiasa ada masalah, apakah itu masalah teknis atau non teknis. Nah utk meminimalisir masalah (sebab ini yg bias dilakukan “meminimalisir”) semua pihak yg terlibat harus terjun ke lapangan, minimalnya sekali meninjau pengecualian utk supervisor yg memang harus memenej tugas ditahap lapangan. Katakanlah, rancangan enjinir yg harus turun langsung melaksanakan pengukuran lapangan utk tahap final rancangan, atau kemungkinan bila dimungkinkan data dari gambar kerja kurang komplit, sehingga rancangan enjinir harus melaksanakan pengukuran ke lapangan. 

Pengukuran kelapangan yg dilakukan oleh design enjinir ini dapat memudahkan rancangan atap, seperti perletakan utk footplate, hip rafter, jack rafter bahkan memberikan masukan jikalau ada perihal yg dimungkinkan akan jadi masalah kepada pemasangan atap nantinya. Pengukuran yg tak dilakukan oleh enjinir sendiri, sebutlah oleh tukang atau mandor sedikit banyak dapat berlainan dgn pengukuran yg dilakukan oleh enjinir. Mengenai akurasi, menyangkut perletakan dan sebagainya. Pengukuran yg dilakukan oleh enjinir itu juga dapat menentukan volume atap yg akan dikerjakan, volume atap ini pun jadi mutlak bagi owner/kontraktor lantaran akan berhubungan dgn harga yg harus dibayarkan pada aplikator/distributor baja ringan itu sendiri. Umumnya penentuan volume ini amat sensitive, ada sedikit saja perbedaan ukuran volume atap antara hasil perhitungan owner akan jadi masalah. Selisih perbedaan ini selayaknya tak terjadi bila ada komunikasi antara ke-2 belah pihak. 

Rancangan enjinir yg melaksanakan pengukuran langsung kelapangan dapat segera tahu hingga detailnya atap & volume tersebut. Terlebih pengukuran menggunakan alat yg memiliki tingkat akurasi tinggi & ketepatan ukuran yg baik. Ukuran volume luas atap itu pasti, ada perhitungan yg universal yg dapat dilakukan oleh seluruh pihak pastinya dgn hasil yg universal juga. Seperti halnya perhitungan 2×2 itu tentu akhirnya 4. begitupun dgn ukuran volume luas atap juga akan sama, antara hasil perhitungan owner/kontraktor dapat sama dgn hasil perhitungan luas volume oleh design enjinir baja ringan. Ukuran luas atap termasuk juga didalamnya ialah panjang overstek/overhang, sudut kemiringan, type atap (perisai, pelana atau kombinasi keduanya atau variasi yang lain sesuai rancangan). 

Perhitungan umum yg dipakai utk menghitung volume atap ialah luas bangunan+overstek dibagi cosinus segi kemiringan atap. Pengukuran yg dilakukan dgn alat ukur contohnya sebut saja alat ukur laser mempunyai akurasi yg tinggi terbukti amat efektif di bandingkan dgn memakai alat ukur yg konvensional semacam meteran tangan yg panjangnya berkisar antara 3-10m, maupun meteran roll yg panjangnya berkisar antara 30-50meter. Alat ukur ini jadi salahsatu support sistem pekerjaan atap, sbg alat ukur yg teramat mutlak bagi rancangan enjinir utk melaksanakan pengukuran lapangan. Sesudah ukuran bangunan didapat maka volume luas atap juga akan didapatkan juga & sbg customer rangka atap baja ringan anda dapat membandingkan luas dgn hasil perhitungan kontraktor sbg pembanding luas atap tersebut. Supporting sistem ini jadi mutlak dalam pekerjaan rangka atap baja ringan, sebab kelancaran dalam pekerjaan akan menentukan mutu dari pekerjaan itu sendiri, jadi pastikan bahwa tiap-tiap tugas yg melibatkan ukuran volume diukur dgn cermat oleh ahlinya. 

No comments: