Tuesday, August 9, 2016

Cara Menghitung Profil Baja

www.civildoqument.com - Agar lebih aman dlm membangun bangunan kita mesti berpartner dg ahli sipil bangunan/struktur bangunan, karena akan memberi dampak yang tidak kecil & tanggung jawab yang besar. siapa yang akan berani menanggung jika ukuran tepat di pasang nyatanya tdk kuat? 

Cara Menghitung Profil Baja

Jika utk pekerjaan kuliah lebih baik mengerti prinsipnya. Rata Rata besaran balok dari baja pada umumnya 1/16 x bentang. 

Type Baja Utk Struktur Baja 

Kategori apa yg difungsikan dapat amat sangat bergantung dgn bagaimanakah system itu didesain. Sebab kita kemungkinan tak dapat memakai WF (Wide Flange) atau H-Beam, namun memakai Baja yg berupa tabung (tube) dgn sambungan ball joint dan sebagainya 
mencoba cari di building illustratednya D.K Ching sepertinya ada, atau cari di buku struktur daniel schodeck.. klo ga salah 1/20 hingga 1/40.. teliti dahulu namun yak 
Untuk memastikan ukuran struktur tak dapat dikira-kira, tidak sedikit saling berkaitan contohnya; beban kerja, jarak antar kolom/balok, fondasi, kategori sambungan (baut/las), posisi struktur, kategori kualitas baja, metode kerja, type plat lantai (beton/kayu/precast), sampai kategori kuda-kuda, posisi dukungan kuda-kuda dan seterusnya. 
Langkah Utk Menghitung Struktur Baja 

Utk gambaran umum, langkah-langkah hitungan sbb : 
1. Memastikan posisi kolom dan balok 
2. Memastikan Kategori struktur buat kolom, balok, plat lantai, kuda-kuda dan tipe atap. 
2. Hitung beban yg bekerja kepada struktur (beban mati+hidup+angin+gempa). Kusus bangunan rendah, beban gempa boleh diabaikan. 
3. Hitung mekanika strukturnya, sampai diperoleh gaya2, momen, gaya geser, gaya aksial dan sebagainya yg digunakan utk mendisain struktur kita. (di Teknik Sipil lalu, ini mata kuliahnya ada 7 semester) 
4. Menentukan ukuran baja/beton struktur. 
5. Memastikan / hitung gagasan sambungan baut & las. (Jumlah baut, jarak baut, ketebalan plat sambung tentukan) 
6. Dst

No comments: