Tuesday, April 23, 2019

Polusi Suara dan Cara Untuk Mengatasinya


Menurut Prof. Sudiro akibat kebisingan tidak berarti kita harus meng hentikan segala kemajuan, walaupun menimbulkan risiko menambah bising baru yang mungkin lebih mencemaskan. “Setiap akibat sampingan sebagai akibat kemajuan teknologi, harus dilawan dengan kemajuan teknologi baru”. Ada beberapa cara untuk mengatasi kebisingan yang ada, yaitu perencanaan tata ruang yang baik, penggunaan bahan-bahan bangunan dan akustika yang baik, pembuatan seksi-seksi atau bangunan pembendung (penahan) dan penggunaan getaran suara, yaitu cara yang dalam waktu dekat telah dan akan dapat mengatasi hal itu.

https://civildoqument.blogspot.com/2019/04/polusi-suara-dan-cara-untuk-mengatasinya.html
gambar : www.jagad.id

Pencemaran suara ini sebenarnya dapat ditanggulangi bila setiap manusia yang hidup di dunia sadar akan pentingnya kesehatan dan kelestarian lingkungan. Pencemaran suara dampaknya tidak terlihat secara kasat mata, namun dampaknya dapat di rasakan langsung oleh organ tubuh. Untuk menanggulangi pencemaran suara tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu misalnya apabila ingin membangun suatu bandara di dalam suatu negara, pemerintah harus dapat memperhitungkan dampak dari pembangunan bandara tersebut. Pembangunan bandara dapat di dilakukan di daerah yang jarang pemukiman penduduk supaya tidak mengganggu penduduk yang tinggal disekitaran bandara dan bagi seorang pengusaha yang ingin membangun suatu pabrik, supaya membangun pabrik mereka di wilayah yang memang benar–benar hanya untuk kawasan industri. Selain pencemaran suara yang ditimbulkan oleh pabrik-pabrik ada pencemaran lainnya yang dapat ditimbulkan, yaitu pencemaran udara dan lingkungan dari limbah pabrik tersebut.

Oleh karena itu agar lingkungan dan bumi kita tetap terlindung dari pencemaran, manusia harus sangat memperhatikan lingkungan dan kesehatan. Cara lain yang dapat dilakukan oleh manusia agar lingkungan tetap sehat adalah dengan menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan dan melakukan penghijauan khususnya untuk di kota – kota yang padat akan penduduk dan kegiatan industri. Selain itu, pembangunan bangunan peredam kebisingan dan meminimalisasi penggunaan kendaraan bermotor dapat membantu menanggulangi pencemaran suara supaya pencemaran suara dapat berkurang dan semua makhluk hidup yang hidup di dunia dapat hidup dengan sehat. 


sumber : www.tneutron.net

             : https://id.wikipedia.org

No comments: