Friday, December 26, 2014

STANDAR PEMBEBANAN UNTUK JEMBATAN



STANDAR PEMBEBANAN UNTUK JEMBATAN



1. Pengertian Dan Persyaratan

Beban mati tambahan adalah berat seluruh bahan yang membentuk suatu beban pada jembatan yang merupakan elemen non struktural dan besarnya dapat berubah selama umur jembatan. Dalam hal tertentu harga Kp11 lane telah berkurang boleh digunakan dengan persetujuan Instansi yang berwenang Hal ini biasa dilakukan apabila instansi tersebut mengawasi beban mati tambahanse hingga tidak dilampaui selama umur jembatan.


Kecuali ditentukan lain oleh lnstansi yang berwenang semua jembatan harus direncanakan untuk bisa memikul beban tambahan yang berupa aspal beton setebal 50 mm untuk pelapisan kembali di kemudian hari. Lapisan ini harus ditambahkan pada lapisan permukaan yang tercantum dalam gambar. Pelapisan kembali yang diizinkan adalah merupakan beban nominal yang dikaitkan dengan faktor beban untuk mendapatkan beban rencana.


Pengaruh dari alat pelengkap dan sarana umum yang ditempatkan pada jembatan harus dihitung setepat mungkin. Berat dari pipa untuk saluran air bersih, saluran air kotor dan lain-lain yang harus ditinjau pada keadaan kosong dan penuh sehingga kondisi yang paling membahayakan dapat diperhitungkan.

No comments: